01 November 2008

Bersyukur atas Anugrah Tuhan

Ketika saya melihat kembali, pada album teman-teman dari Rehabilitation Centre-Depsos, maaf jika saya menitikkan bekas pada mata saya yang sembab. Luar biasa mereka! Ada semangat yang tak tertemukan dimanapun yang pernah saya lihat sebelumnya dari mereka. Mereka datang dari seluruh penjuru kota seantero Indonesia. Dari ujung timur sampai ujung barat. Membawa harapan! Harapan yang mereka bawa sampai nantinya mereka diberi kesempatan merasakan kondisi fisik yang lebih baik dan pastinya perbekalan ketrampilan yang sangat membantu penghidupan mereka selanjutnya. Karena mereka tidak akan dimotivasi untuk bergantung pada orang lain, apapun kondisi mereka. Sekali lagi, luar biasa! Mereka tak melihat badan tubuh mana, yang (maaf) teristimewa, tak lengkap (sekali lagi maaf) atau istilah medisnya, deprivasi bagian tubuh tertentu.

Dua hari! Saat itu saya diberi kesempatan mengenal mereka, berbincang, dan bercerita. Berada disekitar mereka adalah anugrah. Mengerti keadaan mereka dari dekat adalah pemaknaan hidup tersendiri bagi s
aya. Karena mereka memberikan pembelajaran luar biasa buat saya! Satu hal yang membekas sampai saat ini, yaitu mereka memiliki sesuatu yang magnetis. Mereka memiliki tarikan energi yang sepertinya menyulap kekaguman saya pada mereka. Energi berdikari! Dalam kondisi apapun! Bahkan dalam keterbatasan! Yang menurut saya, orang lain bisa saja sudah putus asa jika mereka tak bisa berjalan karena kaki mereka..... tak bisa menggunakan kedua tangan lengkap karena tangan mereka....... tak bisa bicara karena mulut mereka... Tapi, semua itu tak mematahkan energi tersebut. Pancaran langka yang saya temukan dari diri mereka. Yaitu.....harapan! Yaaa, harapan mereka adalah...... Bisa berkarya, melejitkan potensi yang mereka miliki. Karena mereka meyakini bahwa di atas keterbatasan, Tuhan menganugrahkan kelebihan lain untuk kita. Dan sisi inilah yang ingin mereka optimalkan. Teruslah hidup dengan energi itu kawand!!
(moment have been created on 14-15th August 2008)

2 komentar:

  1. Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu faktor yang dapat menumbuhkan rasa bahagia kita adalah rasa syukur kita atas apa yang telah kita terima..........

    BalasHapus
  2. Mba, mereka memang luar biasa . Dan mba dias juga luar biasa *saia kagum dan terharu*

    BalasHapus