06 Februari 2009

Comfort zone, got it lose or never try to be strong!

Suatu sore di tepi ruangan yang diiringi rintikan hujan, teman saya berujar tentang ketakutannya. Dia katakan pada saya, “Yaz, gw takut, kalau nanti gw kehilangan kehidupan yang nyaman seperti sekarang”. Sederhana! Saya pikir saat itu. Namun, pertanyaan itu menjadi undeliberate sebuah peristiwa yang saya temui dalam waktu yang tak lama. Saya mendapatkan pertanyaan itu untuk keesokannya saya mendapatkan buku yang membicarakan hal yang sama.


Ini hidup, Boz! Jangan terlalu sempit memandang. Saya katakan spontan saat itu. ”Keberanian tak kan muncul kalau rasa takutnya belum lewat”. So, sudah beruntung merasakan tahap pertama, setidaknya ada perasaan takut, berikutnya adalah saatnya lalui next fase! Lalui rasa takut itu dengan berempati terhadap keadaan orang lain yang kurang beruntung, keadaan adek-adek kita yang tidak bisa nyaman merasakan kasih sayang penuh dari orang tuanya, keadaan ibu-ibu lansia yang terpapah lemah di pembaringan panti jompo. “Dan semuanya, yang ditemui di bidang ini”. Ucap saya sambil menunjuk sendiri keberadaanya yang juga bergerak di bidang social dan masyarakat. Seharusnya ia bisa belajar banyak dari rasa empati yang bisa ia sentuh dari situ.


Ketika takut menjadi candu, ketika takut membatasi gerak karena parno atas resiko-resiko di kemudian sesion kehidupan. Itu akan menjadikan kita makin kecil untuk kehidupan yang begitu luas. Saya katakan padanya, serba spontan. Dan mencoba, mengartikannya untuk membuka keberaniannya sendiri. Saya pikir, bukannya ia takut. Hanya saja, enggan untuk mencobanya.


36 jam berikutnya, saya menemukan buku berjudul “Menyemai Impian, Meraih Sukses Mulia” karya inspired Jamil Azzaini. Jawaban yang diberikan layaknya “Kutu dalam Kotak Korek Api”. Dia adalah hewan yang senantiasa hidup di dalam sekotak korek api kemudian bebas di alam belantara, setelah sekian lama ia terbiasa meloncat setinggi korek api. Padahal sesungguhnya, ia pun dapat meloncat lebih tinggi dari yang ia kira. Begitu ia bebas di dunia nyata yang tak bersekat, ia hanya bisa meloncat setinggi korek api. Karena ia hidup dengan persepsi seperti itu sejak ia lahir hingga menjadi pembiasaan. Kemampuan sang kutu yang sebenarnya bisa muncul, tidak muncul karena dibatasi pengalaman hidup di dalam kotak korek api. Yang didalamnya tidak ada ombak sebesar gulungan bukit, seperti di lautan. Yang di dalamnya tidak ada angin sekencang jetcoaster, seperti di tepian pantai sore hari. Yang di dalamnya tak ada batu besar yang harus dilompati, layaknya benteng pertahanan yang selalu membawa kita di comfort zone.


-tidak akan terlahir nahkoda yang handal dan kuat, jika tak ada badai dan ombak besar yang berhasil dilaluinya-


Intinya, ”Jangan takut terlepas dari zona aman, karena itu akan membuatmu belajar lebih kuat. Meski awalnya, terasa rapuh.” Saya belum sempat menjawab, setidaknya dari sinilah saya akan menguraikan lebih dari sekedar jawaban. Semoga bisa menjadi wacana baru untuk teman say dan tentunya, pribadi saya sendiri. Karena saya pun sedang belajar! Tak ingin menggurui siapapun. Hanya sebatas kata yang dibatasi petak-petak pikiran yang terus berputar ditengah terlelapnya orang-orang tergeletak nyenyak di tempat pembaringan. (-nite-)

8 komentar:

  1. Memang terkadang kta berada pada posisi yang serba takut...
    keadaan itu kadang muncul disaat kita banyak merenung tentang hidup...
    ok lah, saat kita berada dalam kumpulan orang banyak, pikiran itu sering gak ada. tapi, terkadang itu penting, untuk meyakinkan pada diri kita....kita ini kecil, lemah, rapuh, tak berdaya, dan kita butuh Zat yang selalu ada untuk kita....ALLAH I miss U.
    Bagus....

    BalasHapus
  2. kenyamanan itu,, dia sendiri yang mengusahakan. bukan menuntut dari orang lain..
    salah kalo ada yg berharap 'nyaman' dari org lain.
    yang benar, dia harus selalu memberi kenyamanan orang lain.

    BalasHapus
  3. zona aman??
    jd inget mb pu3 akn nasehat2ny *lohh kq jd curhat*

    hidup thu tak slalu brada pd titik aman krn hdp adlh sbuah roda.. kdg qt bhgy, tp kdg atawa malah seringkali qt mengalami memar-lebam-nangis bombay *lebay banget kata2 sy* jd qt hrs siap dg smua knyataan hdp.. dan tetap yqn dsetiap cobaan ada hikmah,, yqnlahh ALLAH slalu bsama qt *sedang brusaha memenjarakan kata itu di hati saya*

    dias tetep semnagt yaa!! ^^

    BalasHapus
  4. udah baca buku sang penandai karya tere liye? bagus, yas! mengusahakan nyaman untuk dirinya walau awalnya sulit.

    BalasHapus
  5. YA SERING SEKALI MANUSIA TERJEBAK ZONA AMAN

    BalasHapus
  6. "Hidup itu adalah serangkaian pengalaman, setiap pengalaman membuat kita lebih besar" Henry Ford

    Yahhh begitulah, tanpa badai sang nahkoda takkan belajar menjadi nahkoda hebat.

    BalasHapus
  7. jadi inget training pas ikutan MLM dulu...hehehe

    BalasHapus